Rabu, 28 September 2011

Olahraga & Diet untuk 'Rampingkan' Pipi Chubby

Jakarta - Pipi yang tembem atau chubby kadang bisa membuat seseorang tidak percaya diri, karena terlihat lebih gemuk. Ada beberapa faktor penyebab pipi chubby; genetik, penuaan, ketidakmampuan kulit melawan gravitasi, serta penumpukan lemak dan air.

Faktor terakhir, menjadi penyebab sebagian besar masalah pipi chubby. Biasanya timbul karena masalah kesehatan, seperti kurangnya sirkulasi darah, dehidrasi, alergi dan kurang tidur.

Selain karena faktor genetik, pipi chubby sebenarnya bisa dihilangkan tanpa harus operasi plastik atau penyedotan lemak. Caranya, dengan menjaga asupan makanan, olahraga dan melatih pergerakan otot, khususnya di area wajah.

Dikutip dari Facial Exercises Guide, kardio merupakan olahraga yang bisa membantu mengurangi lemak pada area pipi. Tapi tidak hanya itu saja, bila Anda mendambakan pipi yang sedikit tirus, lakukan peregangan dan pergerakan pada otot tulang pipi (otot yang membuat pipi tampak membulat saat tersenyum).

Lihat juga apakah pipi chubby Anda juga disebabkan karena berat tubuh berlebih. Jika itu masalahnya, maka Anda perlu melakukan program penurunan berat badan. Sempatkan untuk berlatih aerobik setiap hari. Kombinasikan senam aerobik dengan senam wajah untuk dapatkan hasil maksimal.

Namun bila Anda pemilik tubuh kurus dengan pipi tembem, coba lakukan jogging atau jalan cepat selama 30 menit. Lakukan langkah ini setiap hari untuk melancarkan sirkulasi tubuh.

Perlu diingat, kombinasi antara latihan fisik dan senam wajah sangat penting untuk membuat pipi chubby lebih tirus. Untuk yang bertubuh gemuk atau kurus, lakukan senam wajah 15 menit sehari.

Selain olahraga, Anda juga harus menjaga asupan makanan. Kurangi konsumsi garam, karena kandungan garam yang tinggi pada tubuh akan membuat wajah tampak bengkak. Hindari juga makanan atau minuman mengandung banyak susu, minyak dan lemak.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, buah dan sayuran segar. Makanan ini akan membantu memperbaiki kerusakan tubuh akibat stres dan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk membangun otot wajah serta meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, enzim yang terdapat pada buah dan sayuran mentah juga akan mendistribusikan lemak, protein dan karbohidrat ke organ-organ tubuh yang tepat dan membutuhkannya. Bukan menyimpan sehingga menjadi tumpukan lemak dan air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar