Sabtu, 24 September 2011

APA ITU COSPLAY ?

F Gk pernah dengar tuhh, cosplay apa ya?? J


Seperti  wikipedia bilang Cosplay ( costume player ) adalah  istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “costume” (kostum) dan “play” (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplaydisebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer.

Nih contohnya :

Di Jepang, peragaan “cosplay” pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17. Kritikus fiksi ilmiah Mari Kotani menghadiri konvensi dengan mengenakan kostum seperti tokoh dalam gambar sampul cerita A Fighting Man of Mars karya Edgar Rice Burroughs. Tidak hanya Mari Kotani menghadiri Nihon SF Taikai sambil ber-cosplay. Direktur perusahaan animasi Gainax, Yasuhiro Takeda memakai kostum tokoh Star Wars.



  

Manga Favorit ku “Death Note”
Cosplay bukan hanya jadi sorotan di Jepang, bahkan sekarang cosplay juga mendunia, contohnya di Eropa maupun Indonesia. Bagi penggemar, manga atau anime khusus.

F Biaya untuk cosplay kira-kira berapa?

Biaya yang dikeluarkan total nya bisa Rp. 1jt > 3 jt tergantung karakternya (mahal ya? XD ), dari pembuatan kostum, wig, sampai senjata/weapons dari karakter tersebut. Penggila cosplay pun, rela menghabiskan uang lebih dari 10jt demi karakter yang diperankannya. (wow)

F Jadi cosplayer, juga bisa dapat uang. Caranya gimana??J

Sering-sering aja ikut event cosplay yang ada dikota mu, setiap event/perlombaan pasti ada pemenangnya. Nah, di event cosplay ini juga setiap pemenang mendapatkan uang. Uangnya juga lumayan lah untuk balik modal kostum yang udah dibuat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar